Selasa, 23 November 2010

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KESIANGAN

Kenapa c kita bisa kesiangan?? Hasil penelitian yang dilakukan Mary Carskadon, profesor psikiatri dari Brown University tahun 2005 mencatat ada sekitar 30 persen remaja yang mengalami gangguan tidur. Usia remaja ini berkisar 10-18 tahun. Anak-anak usia remaja ini membutuhkan tidur waktu tidur 9-10 jam sehari. Ada beberapa penyebab orang bangun kesiangan. Pertama dia sulit tidur atau bahasa kedokterannya insomnia.
Insomnia adalah buruknya kualitas tidur karena satu atau lebih berikut: kesulitan tidur, bangun lebih sering sepanjang malam dan sulit kembali tidur, bangun lebih pagi dan terjada di malam hari namun tidak dapat kembali tidur. Ada dua jenis insomnia, yaitu insomnia kronis dan insomnia sesaat (transient dan intermittent) Biasanya insomnia diakibatkan stres, perubahan hormon, adanya gangguan atau nyeri tubuh dan pengobatan tertentu. Insomnia yang terjadi dalam tiga malam atau lebih dalam seminggu dalam jangka waktu sebulan dianggap sebagai insomnia kronis. Salah satu penyebab insomnia kronis adalah depresi.
Penyebab lain nya adalah Artritis, penyakit ginjal, gangguan hati, asma, penyakit parkinson, hipertiroid serta gangguan tidur lain (narkolepsi, sleep apnea). Insomnia kronis juga dipengaruhi faktor perilaku, seperti penggunaan yang salah terhadap kafein, alkohol, melakukan aktivitas malam dan menderita stres yang kronis.
Sedangkan insomnia sesaat disebabkan stres, gangguan lingkungan, suhu yang ekstrim, perubahan lingkungan sekitar, masalah jadual tidur ataupun efek samping pengobatan. Insomnia sesaat (transient dan intermittent) tidak membutuhkan perawatan khusus karena beberapa hari keudian tidur Anda akan kembali normal.
Biasanya penderita insomnia adalah para senior. Mereka mengalami kesulitan tidur atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali. Sekitar 12-25 persen orang lanjut usia dilaporkan menderita insomnia kronis, namun hanya kurang dari 15% yang melakukan terapi.
Sebaiknya diperhatikan pula hal-hal yang bisa memperparah gangguan tidur kita:
• Jauhi minuman kafein dan nikotin yang dapat mengganggu tidur.
• Hindari permainan komputer sebelum tidur.
• Hindari berdebat dengan remaja sebelum tidur.
• Hindari tidur dengan sinar komputer atau TV yang berkelap-kelip di kamarnya.
• Hindari cahaya terang di malam hari sebaiknya matikan lampunya saat tidur yang akan mempercepat produksi hormon melatonin
• Biarkan remaja tidur pada akhir pekan, tetapi tidak lebih dari 2 atau 3 jam agar tidak mengganggu jam tubuh mereka.
Berikut ini tips untuk mengatasi malas saat bangun pagi :
1. Lihatlah Sesuatu Yang Berwarna
Ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong. Gunakan warna-warna cerah seperti merah, orange atau kuning pada bantal, selimut atau apapun yang berada dekat area kasur ketika Anda membuka mata untuk pertama kalinya.
2. Berhenti Memencet Tombol ‘Snooze’ di Alarm Anda
Ketika Anda menekan tombol snooze, otak Anda tahu dan akan berkata bahwa bunyi itu akan mati beberapa menit lagi, sehingga Anda akan tertidur lebih pulas. Tapi itu juga artinya Anda akan lebih capek mendengar bunyi itu daripada ketika mendengar bunyi itu pertama kalinya.
Strategi yang paling tepat adalah menyetel alarm pada jam dimana Anda benar-benar akan bangun, tidak usah menyetelnya lebih awal karena Anda tahu hal itu hanya akan membuat Anda lebih sering menekan tombol snooze.
3. Gambarkan Harimu Sejenak
Ketika Anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan gambarkan apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu dengan penuh semangat dan positif. Berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang otak untuk berpikir dan Anda akan berusaha mewujudkannya ketika benar-benar beraktivitas.
4. Minumlah Air Segera Setelah Bangun
Meminum segelas air segera setelah terbangun adalah cara yang baik untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang semalamnya. Segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh memerlukan air. Tanpa air yang cukup, sistem metabolisme dalam tubuh akan bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan melemahnya fungsi organ.
5. Biarkan Sinar Matahari Masuk
Sinar matahari yang menyentuh kulit akan membuat Anda lebih terbangun. Bacalah koran di dekat jendela atau keluarlah untuk sekedar minum kopi beberapa menit. Cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan menghentikan sekresi melatonin, hormon yang membuat seseorang mengantuk dan meningkatkan hormon serotonin yang memicu mood seseorang.
6. Beri Sedikit Pijatan Di Wajah
Memijat area di sekitar wajah akan meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat bangun tidur. Mulailah memijat dari daerah kening, pipi, pukul-pukul dengan telapak tangan, kemudian daerah dagu dan akhirnya seluruh bagian wajah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, gerakan memijat bisa membuat Anda berpijar dengan cepat.
7. Duduk dan ayun-ayunkah kaki Anda di sisi tempat tidur.
8. Duduklah di sisi tempat tidur
Ambil waktu untuk mengambil napas 3-4 kali untuk “mengumpulkan nyawa” dan lebih fokus.
9.Cobalah untuk berolahraga kecil dipagi hari
Olahraga dipagi hari akan merubah badan menjadi segar dan memperlancar aliran darah dan menambah semangat pikiran dan tubuh.
Penyebab kesiangan yg lain adalah tidur terlalu larut karena beberapa penyebab. Bisa karena keasikan main game atau computer atau laptop. Kelamaan nonton tv, atau bisa juga karena terlalu malam mengerjakan tugas atau belajar. Cara mengatasinya adalah kita sebisa mungkin menjadwal kegiatan kita mulai bangun tidur sampai tidur malam, lalu selain membuat jadwal kegiatan kita bisa membatasi kegiatan malam kita sehingga tidur malam tidak telat dan ketika bangun dipagi hari terasa segar. Selain itu sebelum tidur dan saat bangun usahakan kita minum air putih, fungsinya agar tubuh kita terasa segar saat sebelum tidur dan saat bangun pagi jadi badan terasa lebih segar saat bangun pagi.
Namun, hal ini berbeda bagi tiap orang. Ada yang merasa cukup dengan tidur 6 jam, sementara yang lain butuh 9 jam. Untuk mengetahui berapa lama waktu tidur yang mereka butuhkan dalam sehari, seseorang harus mencari tahu dan berusaha mendengarkan tubuhnya sendiri. Cobalah untuk mendengarkan tubuh Anda, dan cukupkan istirahat.

SUMBER :
Fitriani.Hasanah
http://Wikipedia.com
http://wartawarga.com
http://trisya.blogger.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
UG Pendaftaran PMB Pra UjianGunadarma

 
Fitriani Hasanah Debian Lenny